MDMC Kerahkan Kekuatan Penuh Muhammadiyah Wilayah Timur di Bima

MDMC.OR.ID, BIMA – Menyikapi banjir bandang yang melanda Kota Bima, Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Bima yang terjadi sejak Kamis, (22/12). PP Muhammadiyah Disaster Management Center lakukan koordinasi dengan kekuatan relawan bencana Muhammadiyah wilayah Timur serta menyusun beberapa rencana tanggap darurat untuk sepekan kedepan.

Demikian ujar Arif Jamali Muis, selaku wakil ketua PP MDMC ditemui oleh mdmc.or.id, Jumat, (23/12), bertempat di kantor PP MDMC, Yogyakarta.

Dirinya melanjutkan bahwasanya saat ini beberapa relawan daerah yang berada di lokasi bencana maupun di daerah sekitar lokasi bencana sudah diintuksikan untuk melakukan penanganan cepat dalam proses tanggap darurat banjir Bima.

“Kami sudah menginstruksikan relawan daerah untuk merespons bencana, MDMC di wilayah Dompu kami kerahkan untuk melengkapi kekuatan relawan lokal yang terpusatkan di Posko Kota Bima”, ujar Arif Jamali.

Arif Jamali menekankan bahwa saat ini pusat penggalangan bantuan bisa disalurkan melalui Lazis Muhammadiyah pusat maupun daerah masing – masing ataupun dapat dihantarkan menuju Posko Kemanusiaan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bima.

“Lazis Muhammadiyah Pusat serta daerah saat ini sedang menggalang bantuan kemanusiaan untuk banjir bandang Bima. Pun begitu, saat ini MDMC membuka Posko Kemanusiaannya di RS PKU Muhammadiyah Bima”, kata Arif.

Arif Jamali mengatakan saat ini Posko Kemanusiaan MDMC di Bima telah membuka dapur – dapur umum di wilayah terdampak becana, “Kami MDMC bekerjasama dengan jaringan Aisyiyah membuka dapur umum untuk wilayah terdampak.” Imbuhnya kembali, “Selain itu, kami juga melakukan koordinasi dengan Muhammadiyah Jawa Timur untuk melakukan rencana tindak lanjut dengan menerjunkan tim – tim medis di lokasi – lokasi terisolir dan terdampak.”

“MDMC Menghimbau kepada seluruh masyarakat terutama warga Muhammadiyah untuk tetap waspada, selalu mengikuti perkembangan informasi dan menghindari lokasi-lokasi yang rawan bencana. Mengingat selama beberapa hari kedepan kondisi cuaca di sepanjang Nusa Tenggara hujan masih di perkirakan cukup deras,” tutupnnya. [FH]

*Untuk informasi dan rencana bantuan dapat menghubungi posko MDMC PKU Muhamadiyah Bima di nomor 085237228414 (Imran Laukosy)

atau dapat menyalurkannya melalui rekening Lazis Muhammadiyah ;

CIMB NIAGA Syariah         : 86.000.182.7800

Danamon Syariah              : 00.55.00.66.1912

(a.n Lazis Muhammadiyah)

 

 

Page 1 of 150