MDMC Abdya Kerahkan Upaya untuk Masyarakat Terdampak Kebakaran Aceh

(Foto : Dokumen MDMC Abdya)

Aceh Barat Daya (19/04). Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) bergerak cepat melakukan pengalangan untuk masyarakat terdampak kebakaran di Kota Fajar Kabupaten Aceh Selatan.

 

Berdasarkan laporkan Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Aceh (Pusdslops BPBA) yang disampaikan kepada Ir. Yusmadi, MM. Kepala Pelaksana BPBA dan diteruskan ke MDMC Indonesia pukul 08.30 WIB, kebakaran terjadi di Kota Fajar Kecamatan  Kluet Utara Provinsi Aceh Selatan pada pukul 03.00 WIB dan berhasil dipadamkan pada pukul 04:30 WIB. Akibat dari kebakaran ini, 43 unit rumah dan 33 kios terbakar serta terdapat 140 masyarakat terdampak.

 

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah dan MDMC Abdya. Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten  Aceh telah  menurunkan satu Pemadam Kebakaran (Damkar) dari pos kota Fajar,  satu unit dari Pos Damkar bakongan,  satu unit Damkar dari Bandara Teuku Cut Ali,  dua unit dari Pos Damkar Tapak Tuan,  dan satu unit dari Pos Damkar Meukek.

 

Muslim Abdya Kamal selaku ketua MDMC Abdya mengatakan bahwa untuk saat ini MDMC sedang bergerak dengan menurunkan relawan ke Aceh Selatan dan melakukan penggalangan dana dengan beberapa lembaga seperti, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Pemuda Muhammadiah dan Lazismu. "Siang ini (19/04), Insya Allah kita akan melanjutkan galang dana di pusat kota dan di jalan dikawasan Abdya," kata Muslim. (Sulis)

 

Arif Jamali

MDMC Indonesia

 

Page 1 of 156