MDMC PWM Sumbar Evakuasi Terdampak Banjir di Padang

 
(Salah Satu Daerah Terdampak Banjir)
 
Padang (31/05),  Muhammadiyah Disaster Mangement Center (MDMC) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Barat (Sumbar) bersama Organisasi Otonom (Ortom) Muhammadiyah mengevakuasi terdampak banjir (31/05) yang melanda beberapa perkampungan di Kecamatan Padang Selatan, Padang Barat, dan Padang Timur. Bencana Banjir diakibatkan hujan deras yang melanda ketiga kecamatan tersebut.
 
Ilham Jn selaku Ketua MDMC PWM Sumbar mengatakan bahwa sebagian besar wilayah terendam akibat curah hujan dengan kerugian material belum diketahui jumlahnya dan tidak terdampak korban jiwa. Berdasarkan analisis MDMC PWM Sumbar, curah hujan yang tinggi mengakibatkan drainase tidak dapat menampung curah hujan. 
 
Upaya yang telah dilakukan oleh MDMC PWM Sumbar yakni dengan mengevakuasi warga terdampak banjir ke tempat yang lebih aman. Khususnya daerah yang belum terjangkau oleh pemerintah dan relawan lainnya. Tepatnya di Kampung Pondok Kecamatan Padang Barat. Selain itu juga mengevakuasi masjid-masjid yang terendam air. Pasalnya, masjid-masjid akan digunakan untuk ibadah. “Target kita masjid atau musholla yang terendam kita bersihkan segera agar malam bisa dipake tarawih,” kata Ilham.
 
Ditempat yang berbeda, dua tim assessment MDMC PWM Sumbar ditugaskan sore tadi (31/05) untuk menangani banjir yang belum surut di Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan.  Setelah mendapatkan informasi dari tim assessment  selanjutnya MDMC PWM Sumbar akan melakukan koordinasi dengan Rumah Sakit Aisyiyah dan Ortom di Kota Padang dan Pariaman untuk tindakan penanggulangan. (Sulis)
 
Narasumber : Ilham Jn Ketua MDMC Sumbar (085375400881)
Arif Jamali
MDMC Indonesia

Indeks Berita