Jamaah Tangguh Bencana

 

Buku ini diterbitkan oleh MDMC yang dilatarbelakangi dari pengalaman membangun kesiapsiagaan komunitas pada tahun 2007-2009 dalam program bersama AusAID.   Buku yang digagas ketika MDMC masih dalam fase perintisan dan menjadi  bagian dari Majelis Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat (MKKM) ini menjadi salah satu landasan pelaksanaan program penguatan kesiapsiagaan komunitas setelah MDMC mendapat status sebagai lembaga koordinasi langsung dibawah Pimpinan Pusat Muhammadiyah pasca Muktamar Muhammadiyah 2010.

Buku ini menkontekskan ide CBDRM (Community Based Disaster Risk Management) pada tradisi komunitas yang menjadi ujung tombak gerakan Muhammadiyah, yang berupa jamaah. Diawali dengan kajian tradisi normatif Muhammadiyah yang mencita-citakan masyarakat taqwa, masyarakat utama, masyarakat Islam sebenar-benarnya sebagai dasar aplikasi ide “Gerakan Jamaah, Dakwah Jamaah” yang memang mentikberatkan pada kepeloporan kader Muhammadiyah sebagai Rahmatan lil alamain, berdampingan dengan ide CBDRM sebagai ide yang berkembang dalam ide besar Pengurangan Risiko Bencana.

Buku ini lebih tepat disebut sebagai “manual” dalam pengelolaan komunitas berbasis tradisi Muhammadiyah. Dimana diterangkan bagaimana jamaah mengelola diri sebagai komunitas, bagaimana teknik fasilitator komunitas, hingga langkah-langkah membangun Penanggulangan Bencana Berbasis Jamaah.

Download :

Page 1 of 2