Rumah Sakit Siaga Bencana

 

Foto : Tim RSIA 'Aisyiyah Muntilan Magelang, dalam latihan gabungan relawan di Surabaya, Juli 2011

Program Rumah Sakit Siaga Bencana dibangun oleh MDMC dengan koordinasi erat bersama Majelis Pembina Kesehatan Umum PP Muhammadiyah , PP 'Aisyiyah dan lembaga terkait lainnya di Muhammadiyah.

Orientasi program ini sebagai berikut :

(1) Jika terjadi bencana internal dimana ada kejadian bahaya di dalam rumah sakit, maka setiap orang yang ada dalam rumah sakit baik pasien, pegawai maupun pengunjung Rumah Sakit dapat terkena dampak.

(2) Demikian juga bila terjadi bencana di luar Rumah Sakit, namun korban banyak yang datang ke Rumah Sakit secara bersamaan maka sangat mungkin terjadi  overload.

(3) Di Indonesia yang menggunakan sistem emergensi berbasis Rumah Sakit, Rumah Sakit harus mengirimkan Tim Bantuan Medis ke area bencana. Untuk menghadapi resiko-resiko tersebut, Rumah Sakit harus mempersiapkan segala infrastruktur dan sumber dayanya. Rumah Sakit yang siap untuk menghadapi dampak bencana akan disebut sebagai Rumah Sakit Siaga Bencana.

Program ini oleh Muhammadiyah telah diinisiasi sejak tahun 2009 dalam program Hospital and Community Preparedness for Disaster Management (HCPDM) yang mengambil RS Muhammadiyah Lamongan, RS PKU Muhammadiyah Bantul, RS Islam Jakarta Pondok Kopi dan RS Muhammadiyah Palembang. Pada tahun 2011, MDMC membangun program serupa dengan yang dikhususnya untuk membangun kesiapsiagaan rumah

Video Pembelajaran Rumah Sakit Siaga Bencana :

 
More inVideo RS Siaga  

Laporan Program Terkait :

Kontak Pelaksana Program :

dr Corona Rintawan  ( This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )