Sekolah Siaga Bencana

 

Foto : Siswa SD Muhammadiyah Cepitsari, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman

MDMC membangun program Sekolah Siaga Bencana sebagai peningkatan kepeloporan Muhammadiyah dalam bidang pendidikan. Selain fokus pada sekolah Muhammadiyah yang terdiri dari TK, SD, SMP hingga SMA juga membangun program di sekolah negeri maupun sekolah swasta lainnya yang berada di wilayah dengan tingkat risiko bencana tinggi.

Saat ini MDMC bersama LAZISMU yang mengusung kampanye "Save Our School"  sedang membangun program pilot project pada satu sekolah di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III di lereng Gunung Merapi dan satu di wilayah Jawa timur, sebagai upaya membangun sekolah referensi program bagi sekolah di area tersebut.

Inisiasi program telah dilakukan sejak tahun 2007 dengan Program Child Disaster Awareness for School and Communities (CDASC) yang telah mengembangkan beberapa perangkat yang bisa menjadi referensi yang bisa diunduh  :

 

Juga ada Film Anak Siaga Bencana :

Perangkat Kampanye Kesiapsiagaan Anak :

Saat ini MDMC juga menjadi penggiat dari Konsorsium Pendidikan Bencana (KPB) yang telah menyepakati bersama sebuah panduan "Kerangka Kerja Sekolah Siaga Bencana" yang bisa di unduh di bawah ini :

serta bersama berbagai elemen penggiat pendidikan kebencanaan mengadvokasi lahirnya surat edaran menteri pendidikan nasional yang bisa diunduh di bawah ini :

 

Untuk materi pembelajaran lainnya bisa diakses video terkait dengan program sekolah siaga bencana :

--

Kontak informasi pelaksanaan dan kerjasama program   :

Nurlia Dian Paramita : ndipa212gmail.com